Anatomi Gitar Klasik dan Akustik : Mengenal Bagian-Bagian Gitar

Petikan Gitar

Gitar klasik adalah jenis gitar yang membunyai bentuk body seperti angka 8 dan menggunakan senar nylon. Gitar klasik muncul di era awal awal gitar di temukan sekitar abad ke 17.

Cara memainkan gitar klasik berbeda dengan gitar akustik atau elektrik. Jika pada gitar akustik dan gitar elektrik biasa dimainkan dengan di genjreng, maka pada gitar klasik harus dipetik dengan 5 jari. Gitar klasik sangat cocok bagi kamu yang ingin memainkan gitar dengan gaya tahun 70-an.

Pengenalan Gitar Klasik

Banyak musisi legendaris yang bermunculan akibat dari kehebatan gitar klasik ini.
Beethoven pernah mengatakan bahwa ; “Bila bermain Piano, kita dapat bersembunyi dibaliknya dihadapan penonton. Namun berbeda halnya dengan Gitar yang benar benar kita tidak bisa bersembunyi dibaliknya”

John Williams pernah berkata bahwa gitar klasik adala sebuah penggabungan antara Piano dan Biola. Gitar klasik adalah teknik gitar tersulit sepanjang masa. Gitar telah banyak menyimpan sejarah dibalik temuan Piano dan Biola.

Gitar adalah alat musik yang menjadi panutan banyaknya alat musik seperti Piano, Biola, Harpa. Di Eropa, Gitar Klasik dianggap sebagai Alat Musik tersulit didunia, mengalahkan Piano sekalipun. Gitar adalah alat musik yang cantik, lembut, mempesona, kompleks, dan sekaligus sangat memukau.

Sejarah Gitar Klasik

Sebelum belajar gitar klasik ada baiknya kita pelajari dulu sejarah gitar klasik. Dengan mengetahui sejarah gitar klasik, maka kita tahu tentang kegunaan gitar klasik, pola permainan gitar klasik, lagu yang sering dimainkan gitar klasik dll.

Sejarah gitar bermula dari alat musik petik kuno di wilayah Persia pada tahun 1500SM yang pada mulanya bernama citar atau sehtar.


“Kata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur.

Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi:

  • guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi,
  • Guitarra Latina untuk memainkan akor.

Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol.

Bagian-Bagian Gitar

Sebuah gitar terbagi menjadi beberpa bagia gitar yang saling berkaitan dan mempunyai fungsinya masing-masing. Berikut bagian-bagian pada gitar yang perlu kamu tahu.

Kepala Gitar (Headstock)

Headstock atau kepala gitar adalah bagian pada gitar yang paling ujung. Pada bagian ini headstock terdapat 6 buah putaran untuk melakukan tuning. Kepala gitar memiliki bentuk yang beragam, namun pada gitar klasik kepala gitar memiliki bentuk yang khas dengan ukiran di ujungnya.

Nut / Gading

Nut merupakan salah satu bagian dari kepala gitar. Nut berfungsi untuk menyangga 6 senar sehingga bisa berbunyi ketika dipetik atau di genjreng. Nut juga sering disebut dengan istilah gading.

Tunner

Tunner merupakan salah satu bagian dari kepala gitar. Tunner berfungsi untuk mengencangkan senar gitar dan mengatur nada pada senar gitar. Jika tunner terlalu kencang dapat mengakibatkan senar gitar putus.

Fret

Fret gitar merupakan kotak-kotak kecil yang ada di sepanjang neck gitar. Setiap kotak menandakan 1/2 not atau setengah nada. Pada fret inilah kita meletakkan jari untuk membentuk sebuah kunci gitar yang harmonis.

Neck Gitar

Neck gitar merupakan kayu panjang yang menghubungkan body gitar dengan kepala gitar. Istilah neck gitar juga dikenal dengan leher gitar. Pada neck gitar terdapat 15 fret yang berfungsi untuk meletakkan jari dan membentuk sebuah kunci gitar.

Body Gitar

Body gitar biasa terbuat dari bahan triplek. Pada body gitar terdapat sebuah lubang untuk mengeluarkan suara, dan bridge untuk menahan senar gitar yang mngarah ke kepala gitar. Semakin bagus bahan body gitar, maka semakin bagus pula suara yang dihasilkan.

Bridge

Bridge adalah sebuah kayu yang dipasang di body gitar untuk menahan senar gitar agar bisa terhubung ke kepala gitar. Pada bridge ini terdapat nut atau gading yang berfungsi untuk menahan senar gitar agar bisa bergetar saat dipetik atau digenjreng.

itulah sedikit artikel mengenai anatomi tubuh gitar, semoga bermanfaat sampai jumpa di artikel gitar berikutnya.