Mengenal Macam Macam Slash Chord Pada Gitar

Macam macam slash chord

Apa itu chord D/F#? Ya kamu pasti sering menjumpai chord seperti itu kan. Itu bukan disuruh memilih chord D atau chord F# ya. D/F# adalah salah satu slash chord.

Slash Chord samahalnya dengan chord gantung atau chord balok bisa juga chord dasar. Hanya saja pada slash chord bass yang ditekan adalah bass chord lain.


Contoh D/F#, itu menunjukkan Chordnya D, namun bass yang di tekan adalah bass chord F#. Jika bass chord D adalah senar ke 4 open string. Maka pada D/F# bassnya di senar ke 6 fret 2.
Slash Chord biasa digunakan pada musik musik blues, country dan jaz. Sebenarnya kita bisa saja membuat Slash chord sendiri. Namun ada baiknya kita mengikuti slash chord pada umumnya.


Ada baiknya jika kamu baru belajar gitar, pelajari dulu chord dasar sebelum belajar chord slash. Setelah mahir dengan chord dasar, dilanjutkan belajar chord balok / chord gantung, baru setelah itu belajar slash chord.


Macam Macam Slash Chord


D/F# = Chord D bass di Chord F#
A/C# = Chord A bass di Chord C#
D/B = Chord D bass pada chord B
C/G = Chord C tapi bass di chord G
E/C# = Chord dasar E bass pada chord C#
C/B = chord dasar C bass di chord B.


Chord Progression di Slash Chord.


Chord Slash biasa digunakan ketika peralihan chord. Dengan begitu akan menghasilkan suara yang lebih harmoni saat berpindah chord.

Sebagai contoh; Dari chord C ke chord Am, maka kita bisa menambahkan chord C/B saat peralihan. Maka progresi chordnya adalah C – C/B – Am.
Progresi tersebut akan menghasilkan walking bass seperti saat bermain fingerstyle. Dari Bass C turun ke Bass B lalu turun ke Bass Am.

Progresi Dasar Slash Chord
D – A/C# – Bm
G – D/F# – Em
C – C/B – Am
E/C# – B – A – E
Bisa juga menggunakan progreri berikut untuk menghasilkan walking bass yang cukup panjang.
D – A/C# – Bm – A – G – D/F# – Em – A