Macam Macam Scale Gitar Yang Harus Kamu Pelajari

Chord Gantung

Pengertian Scale

Apa itu scale? Scale merupakan interval sebuah nada atau not nada yang membentuk sebuah pola tertentu. Ada banyak macam scale musik di penjuru dunia, ada javanese scale, Japanese scale, arabian scale, Hindu raga scale, Balinese Scale, Pelog Scale dll.

Jika pada dasarnya intervel nada yang kita ketahui adalah ; Do Re Mi Fa Sol La Si Do.

Maka pada javanese scale (lagu-lagu Tradisional Jawa) tangga nadanya akan berganti, atau javanese scalenya adalah ; Do Mi Fa Sol Si Do. Javanese scale termasuk kedalam pentatonic Scale.

Apa Manfaat Belajar Macam Macam Scale gitar?

Seperti yang kita tahu tadi, bahwa scale merupakan pola terbentuknya sebuah melodi atau lagu. Lagu-lagu jawa terbentuk dari pola nada Do Mi Fa Sol Si Do atau yang disebut dengan pentatonic scale. Lagu pop terbentuk dari nada Do Re Mi Fa Sol La Si Do atau yang disebut dengan Chromatic Scale.

Dengan mengetahui pola dari scale gitar yang ada, maka akan memudahkan kita untuk mencari melodi sebuah lagu. Dan memudahkan kita ketika kita bermain fingerstyle.

Meski tidak semua dapat kita terapkan ketika bermain gitar, paling tidak kita sudah mengetahui dasar dasar scale dalam gitar.

Berikut macam-macam scale gitar yang harus kamu pelajari, agar memudahkanmu dalam mebuat lead gitar.

Chromatic Scale

Scale ini merupakan scale umum yang dipakai di musik pop, atau musik umum lainnya. Chromatic scale sangatlah mudah diingat karena setiap fret merupakan bagian dari chromatic scale. Yang berarti jarak antar nadanya adalah setengah.

Chromatic scale : Do Do# Re Re# Mi Fa Fa# Sol Sol# La La# Si Do Do#

Pentatonic Minor Scale

Disebut pentatonic karena dalam scale ini nada yang digunakan hanyalah lima saja, yaitu Do Mi Fa Sol Si Do. Scale Pentatonic minor banyak digunakan di musik atau lagu tradisional sebuah daerah. Seperti arabian scale, japanese scale, chinese scale, sundanese scale dll.

Minor Pentatonic Scalescale yang mengandung lima not yang sama dengan natural minor scale, tapi nada ke-2 dan ke-6 dihapus menjadi A-C-D-E-G-A. Scale intervalnya: 1-b3-4-5-b7-1′

Major Modes

Major Scale ini sering juga di sebut tangga nada diatonis. Lebih mudahnya adalah scale yang terdiri dari 7 nada yaitu Do Re Mi Fa Sol Si Do.

Apa yang membedakan major modes dengan chromatic scale. Bedanya adalah, dalam major modes kita tidak menggunakan nada #, sedangkan dalam chromatic slace kita menggunakan nada #. Lihat penjelasan berikut :

  • Chromatic scale : Do Do# Re Re# Mi Fa Fa# Sol Sol# La La# Si Do Do#
  • Major Modes : Do Re Mi Fa Sol La Si Do

Harmonic Minor

Harmonic scale merupakan pengembangan dari aeloian scale. Yang juga hampir sama dengan major modes. Bedanya dalam harmonic scale pada nada ke 7 dinaikkan setengah nada. Contoh : A B C D E F G# , Do Re Mi Fa Sol La Do.

Diatonic

Adalah scale yang terdiri dari 7 nada, dan terbagi juga dalam 7 nada awal (Root) yaitu:

1. Scale Ionian (Mayor Scale) -> G-A-B-C-D-E-F#-G
Adalah scale yang biasa di gunakan untuk lagu-lagu bernuansa riang, scale ini biasa juga disebut Mayor Scale.

2. Scale Dorian -> A-B-C-D-E-F#-G-A
Adalah scale yang terbentuk karena “Root” atau nada awal bergeser ke nada ke dua (A), Scale ini termasuk kategori “Minor” namun tidak untuk di sebut minor scale.

3. Scale Phrygiant (Clasick) -> B-C-D-E-F#-G-A-B
Adalah scale yang katanya mengandung unsur mistik atau sering di sebut scale-nya padang pasir, scale ini banyak di gunakan oleh para “ROCKER” dan sebangsanya yang memang cocok karena bernuansa “CADAS”. Musician yang sering mengunakannya adalah Metallica, Dream Theater, Avenged Sevenfold, Muse. Perlu di ketahui pula jika kita menggeser satu nada dari D ke D# maka scale ini kerap di sebut sebagai Harmonic Scale atau Mayor Phrygian (phrygian Modern) karena sudah berganti chord dari Bm ke B.

4. Scale Lydian -> C-D-E-F#-G-A-B-C
Adalah scale yang termasuk kategori “Mayor”, guitaris yang sering menggunakan scale ini adalah Paul Gilbert. seperti yang di gunakan dalam single “Technical Difficulties“.

5. Scale Mixolydian -> D-E-F#-G-A-B-C-D
Termasuk kategori “Mayor” & juga Paul Gilbert yang sering memakainya

6. Scale Aeolian (Minor Scale) -> E-F#-G-A-B-C-D-E
Sering di sebut juga sebagai ibu minor. Paling banyak di gunakan karena cocok digunakan pada semua aliran (Genre), apalagi di Indonesia yang banyak banget lagu bertemakan “cinta” karena scale ini mempunyai “soul” yang sedih.

7. Scale Locrian (Half-Diminish Scale) F#-G-A-B-C-D-E-F#
Kenapa sering dinamakan “Half-Diminish Scale“? Karena scale ini jika kita ambil “Pentatonic“-nya akan menghasilkan scale Diminished“.