Cara Cepat Belajar Petikan Gitar Untuk Pemula

Petikan Gitar

Halo gitarist pemula, kali ini chord indi akan membagikan sedikit tips bagi kalian semua yang sedang belajar petikan gitar.

Seperti yang kita tahu ya, ada beberapa cara memainkan gitar, cara yang paling umum adalah di genjreng (Strumming) dan Di petik, Petikan (Fingerstyle). Dan kali ini kita akan belajar bermain petikan gitar.

Kenapa harus bisa petikan gitar? Bisa me-genjreng saja tidak cukup, karena feel yang di dapatkan kurang (sesuai selera sih). Tapi ketika mengiringi lagu dengan petikan, emosi, rasa, seni yang didpatkan sangat kuat.

langsung saja berikut Tips dari Chordindi cara cepata belajar petikan Gitar.

Belatihlah dengan Chord Gitar Dasar agar letihanmu tidak membosankan

Melatih Penempatan Jari

Karena kita akan bermain gitar dengan cara dipetik, maka yang pertama harus kamu pelajari adalah penematan jari dan tugas tiap-tiap jari (Jari tangan kanan). Perlu kamu tahu bahwa Jari Jempol, Telunjuk, dan Jari Manis punya fungsinya masing masing.

Jari Jempol Untuk Memetik Senar Bass : Dalam berlatih petikan gitar, harus dibiasakan ketika memetik senar bass (4,5,6), mak gunakanlah Ibu Jari atau Jempol kamu. Setiap chord punya bassnya masing masing, kamu sudah tahu kan.

Jari Telunjuk Untuk Memetik Senar 3 : Sedangkan fungsi jari telunjuk adalah untuk memetik senar nomer 3 gitar. Dibiaskan menggunakan jari telunjuk untuk memetik senar no 3.

Jari Tengah Untuk Senar 2 : Jari telunjuk dan jari tengah merupakan jari yang mudah digerakkan. Maka gunakanlah jari tengah kamu untuk memetik senar no 2.

Jari Manis Untuk Memetik Senar 1 : Pada sebagian orang menggerakkan jari manis agak sulit ya, namun ketika kamu sudah bisa pasti terasa mudah kok. Gunakan jari manis kamu untuk memetik senar no 1.

Belajar Pola Petikan Gitar

Setelah tadi belajar penempatan jari dan fungsi dari setiap jari, berikutnya kamu harus belajar pola petikan gitar. Tidak ada pasti ada berapa macam pola petikan gitar. Namun secara umum pola petikan gitar ada 3 variasi yang paling mudah.

Pola Petika 1 : Bass – Senar 3 – Senar 2 – Senar 1. Ini adalah yang paling dasar untuk melatih jari jari kamu. Berlatihlah menggunakan pola ini sampai jari jempol secara reflek memetik senar bass, jari telunjuk memetik senar 3, jari tengah memetik senar 2, dan jari manis memetik senar 1.

Pola Petika 2 : Bass – Senar 3 – Senar 2 – Senar 1 – Senar 2 – Senar 3 – Bass. Pola ini sama dengan pola yang pertama, hanya saja diulang pada bagian akhirnya. Pola ini bisa digunakan di banyak lagu yang be-ritme slow. Contoh : Lagu Perfect Ed Sheran, Lau Bukti Virgoun, Hanya Rindu Andmesh dan banyak lagi.

Pola Petikan 3 : Bass – Senar 3 – Senar 2 + Senar 1 – Senar 3. Hampir sama dengan pola yang pertama. Bedanya di pola ini, senar 2 dan senar 3 dipetik bersamaan untuk menghasilkan suara yang lebih mendalam. Contoh lagu : Ruang Rindu Letto, dan banyak lainnya.

Pola Petikan 4 : Bass – 3 – 2 – 3 – 1. Salah satu petikan yang sedikit kelihatan keren. Bisa untuk banyak lagu yang tidak terlalau slow.

Pola Petika 5 : Bass – 3 – 2 – 3 – 1 – 3 – 2 – 3. Jika kamu sudah menguasai pola petika pertama sampai ketiga, maka ada baiknya untuk belajar pola petikan yang ke empat ini. Salah satu lagu yang mengunakan pola petika ke-empat adalah lagu : GNR Dont Cry.

Belajar Perpindahan Chord Gitar

Setelah berlatih pola petikan di atas, selanjutnya kamu harus belajar perpindahan chord gitar. Karena sebuag lagu itu bisa terdiri dari 4 chord gitar, jadi kamu juga harus bisa berpindah kunci sambil memetik senar atau tanpa jeda.

Untuk Pertama Berlatihlah perpindah chord Em ke Am. Karena kedua kunci tersebut ditekan pada fret yang sama dan sangat mudah.

Berlatihlah memetik senar gitar disetiap chord gitar yang kamu pelajari. Jika merasa sudah cukup baru berlatih petikan gitar sambl diiringi lagu.

Sekian dulu tutorial dari Chordindi, semoga mudah dipahami. Semangat Belajar Gitarnya Ya…

Image Source : Gambar oleh Mali Aroesti dari Pixabay